Google
WWW YOUR DOMAIN NAME
Welcome to My Blog yume07nies.blogspot.com

Rabu, 04 Juni 2008

MERANCANG MOBILE ROBOT PEMBAWA OBJEK MENGGUNAKAN OOPIC-R


http://elexmedia.multiply.com/reviews/item/100

Robot adalah peralatan elektro-mekanik atau bio-mekanik atau gabungan peralatan yang menghasilkan gerakan otonomi maupun gerakan yang didasarkan atas perintah. Robot yang menggunakan peralatan komunikasi dimungkinkan untuk dikendalikan oleh manusia, seperti lengan robot yang pengendaliannya dilakukan melalui komputer.
Robot yang dibahas di dalam buku ini merupakan robot yang otonomi. Pembahasan mencakup tiga disiplin ilmu robotika, yaitu mekanik, elektronika, dan pemrograman. Pada akhir perancangan akan diperoleh sebuah mobile robot yang mampu memindahkan objek dari satu titik ke titik lainnya.

Buku Merancang Mobile Robot Pembawa Objek Menggunakan OOPic-R menyajikan langkah demi langkah pembuatan sebuah mobile robot (kerangka robot, sensor, sistem kendali, motor penggerak, dan pemrograman) sehingga Anda dapat mengikuti dengan seksama dan membuat sendiri mobile robot yang dimaksud. Tidak tertutup kemungkinan Anda dapat memodifikasi robot yang dirancang untuk dikembangkan ke arah penggunaan yang berbeda.

Buku ini cocok untuk digunakan oleh kalangan akademis (siswa tingkat SMU, mahasiswa, guru, dan dosen) yang tertarik terhadap bidang robotika serta mendalami bidang ini secara seksama, maupun bagi mereka penggemar elektronika dan hobi remote control (RC).

Anda akan belajar mengenai:
  • Mekanik robot, yaitu sistem gerak dan material yang dapat digunakan pada pembuatan robot.
  • Rancang bangun konstruksi mobile robot yang berbentuk tank dan memiliki manipulator berupa lengan.
  • Elektronika robot, yaitu perancangan dan penggunaan modul pada robot seperti sensor shaft encoder, sensor lantai, sensor navigasi, limit switch, saklar tekan, pengendali motor DC (L293D), dan catu daya.
  • Instalasi OOPIC Multi-Language Compiler.
  • Membuat program latihan dengan modul mikrokontroler OOPic-R meliputi pemrograman jalur input dan jalur output beserta troubleshooting-nya.
  • Membuat program pembacaan modul sensor shaft encoder, sensor lantai, sensor navigasi, limit switch, dan saklar tekan menggunakan modul mikrokontroler OOPic-R.
  • Membuat program pengendalian motor DC, motor servo, dan robot pembawa objek menggunakan modul mikrokontroler OOPic-R.
     
     
Spesifikasi Buku
ID : EMK121071188
ISBN : 978-979-27-0981-0
Format : Soft Cover
Ukuran : 14 x 21 cm
Tebal : 181 hlm
Warna : BW
Penerbit : PT Elex Media Komputindo
Kelompok : Komputer
Kategori : Hardware
Lain-Lain: Disertai CD

1 komentar:

Anonim mengatakan...

hay salam kenal, bagus juga web kamu, oiya jngan lupa mampir ke web ku juga http://www.agungcibinong.blogspot.com,,,web aku masih amatiran bnaget jadi kasih comment dan tips & trik untuk lebih baik lagi, aku juga baru pemula tentang blogger