Google
WWW YOUR DOMAIN NAME
Welcome to My Blog yume07nies.blogspot.com

Senin, 07 Maret 2011

Tentang Linux

A. Apa itu Linux?

Linux sebagai system operasi dengan menyusul pembangunan sebagai ‘bebas’ perangkat lunak open source, yang telah meningkatkan popularitas dan permintaan antara rumah dan perusahaan perangkat lunak komputer user.

Linux adalah lagi yang cepat dan system operasi, dengan kemampuan untuk mengakomondasi beberapa pengguna, bertindak sebagai server internet, dan dukungan yang mudah menggunakan antarmuka grafis. Memulai dengan linux namun telah diidentifikasi sebagai tugas menakutkan karena merupakan salah satu tampilan yang nampaknya di pertama sekilas, kompleks untuk mata yang tak terlatih.

Linux menerima pendidikan dan solusi dari pakar, pengguna linux bisa mendapatkan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan. Penuh keuntungan dapat diambil dari semua bahwa linux menawarkan perangkat lunak computer, dalam hal sebuah komputer desktop, server, jaringan, dan semua yang benar-benar fungsional system operasi.

B. Perbedaan Linux dengan Windows

· User Interface

Di windows, Anda tidak banyak memiliki pilihan user interface. Contohnya : di Windows 95/98 Anda hanya mengenal user interface bawaan Windows 95/98. Anda sedikit lebih beruntung jika menggunakan Windows XP, karena Anda bisa berpindah dari Interfacce milik Windows XP ke Windows 98 yang lebih ringan.

Sedangkan di Linux, Anda bisa menemukan banyak macam user interface. Dan biasanya pilihan user interface ini dapat Anda sesuaikan dengan spesifikasi komputer atau lingkungan kerja Anda. Contohnya: Anda bisa menggunakan user interface yang ringan, seperti XFCE atau Fluxbox.

· Security dan Virus

Salah satu masalah utama di Windows yang paling sering Anda temukan adalah virus dan spyware. Ini semua terjadi karena banyak lubang keamanan di Windows yang bisa dieksploitasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Linux diturunkan dari sistem operasi Unix yang memiliki tingkat sekuriti lebih kuat. Itu sebabnya tidak ada banyak virus di Linux dan kalaupun ada tidak bisa berkembang biak dengan pesat dan biasanya tidak mampu membawa kerusakan yang besar. PCLinux telah menyediakan anti virus ClamAV yang bisa ditemukan pada menu Start > Applications > FileTools > ClamAV.

· Spyware

Spyware adalah suatu masalah yang cukup umum di dunia Windows. Biasanya program spyware mengamati, mengumpulkan dan mengirimkan data Anda ke suatu server. hal positif spyware, program ini dipergunakan untuk keperluan marketing, tapi ada juga yang berniat buruk yaitu dengan mencuri identitas kartu kredit dan tindakan negatif lainnya.

Tidak banyak program spyware yang menginfeksi Linux mengingat cara kerja Linux yang lebih susah untuk ditembus. PCLinux telah menyediakan pre-instal Firewall untuk melindungi system Anda dan bisa diaktifkan melalui PCLinux Control Panel.

· Instalasi dan kelengkapan program

Windows adala system operasi, itu sebabnya Windows tidak menyediakan banyak program setelah diinstal.

Ini sangat berbeda dengan Linux. Sekalipun Linux juga suatu system operasi, tetapi Linux disertai dengan banyak program didalamnya. Setelah diinstal, Anda akan menemui banyak program dari hampir semua kategori program. Anda juga bukan hanya mendapatkan suatu system operasi tetapi juga semua program yang diperlukan untuk kegiatan sehari-hari di Linux.

· Konfigurasi Sistem

Anda mungkin sering mendengar di Linux Anda perlu menyunting file secara manual melalui command line. Sebagian berita ini benar, tetapi dengan PCLinux Control Center konfigurasi system bisa Anda lakukan semudah point n click. Contohnya : browser internet telah disertai dengan sejumlah plug-ins. Tidak perlu men-dowload dan menginstal plug-ins flash ataupun yang lainnya.

· Handware Support

Anda sering mendengar suatu hardware tidak bekerja di Linux. Hal ini terjadi karena pembuat hardware tidak menyediakan driver versi Linux. Untungnya, belakang ini cukup banyak vendor yang sudah member dukungan driver Linux, sehingga pengenalan Linux akan hardware semakin meningkat dan mulai jarang terdengar permasalahan hardware di Linux.

· Menangani Crash

Linux secara umum terlihat sebagai system operasi yang stabil. Dan jika Anda membandingkan Linux dengan Windows 95/98/ME, Linux jauh lebih stabil. Dan seperti halnya dengan Windows, suatu saat Anda juga akan menemui masalah di Linux, sekalipun jarang, tetapi program yang crash atau hang bisa saja terjadi. Unix dan Linux mempunyai sifat multi-user. Ketika suatu aplikasi terkunci, Anda dapat mematikannya dengan mudah, cukup menekan kombinasi tombol Ctrl + Esc, dan Anda dapat memilih aplikasi (atau proses) mana yang bermasalah.

· Penamaan File

Linux menggunakan “/” untuk memisahkan folder dan bukannya “\” yang biasa digunakan DOS/Windows. Linux bersifat case-sensitive, jika Anda mengubah nama file “Hello.txt” menjadi “Hello”, Linux masih tetap mengetahui bahwa file ini adalah suatu teks, dan ketika di klik, Linux secara otomatis tetap akan membuka program editor teks.

· Kemudahan dan Keamanan

Sebagai user biasa (bukan Root) Anda tidak bisa menulis file di sembarang folder. Sebagai user biasa, Anda tidak akan bisa mengubah bagian penting dari system Linux. Ini memang terkesan terlalu membatasi dan merepotkan, tetapi cara ini jauh lebih aman, hanya orang tertentu yang mempunyai akses root saja yang bisa menyentuh system bahkan viruspun tidak bisa menyentuh system Linux.

Berbeda jauh dengan Windows yang sangat rentan dengan virus. Ini terjadi karena user biasa di Windows juga sekaligus mempunyai hak sebagai administrator.

· Sistem File

Windows mempunyai dua system file. FAT (dari DOS dan Windows 9x) dan NTFS ( dari Windows NT/2000/XP).

Sedangkan Linux memiliki beberapa macam file system, diantaranya ReiserFS atau Ext3.

C. Macam – Macam Linux/Distro

§ Fedora Core 4

Fedora Core adalah distro besutan Red Hat Project setelah bergabung dengan fedora project, sebuah proyek komunitas yang mengkhususkan diri membuat berbagai paket aplikasi untuk dijalankan di Red Hat Linux.

Fedora Core 4 dapat dibakar ke empat keping CD atau sebuah DVD. Distro ini tidak menggunakan live CD dan harus diinstall ke harddisk. Fedora menggunakan installer Anaconda yang berbasis grafik sehingga mudah diikuti.

§ Suse Linux

Suse Linux adalah salah satu distro Linux utama yang dibuat di Jerman dan terjemahan dalam bahasa jerman dari Slackware. S.u.S.E adalah singkatan dari kalimat bahasa jerman “ Software- und System-Entwicklung “(“Perangkat lunak & amp; pengembangan system”).

Suse Linux termasuk distro yang paling dihormati sebagai penyedia solusi dan teknologi unggul di dunia system operasi open source. Distro asal Jerman ini memiliki tim developer terbesar di dunia yang telah banyak berjasa mengangkat nama SUSE sebagai solusi Linux paling lengkap saat ini.

§ Ubuntu 5.04

Ubuntu mengambil namanya dari bahasa Afrika, nama Ubuntu bermakna “Kemanusiaan bagi sesama”. Ubuntu dapat dipakai baik untuk mesin yang berfungsi sebagai server maupun sebagai computer desktop.

Ubuntu didistribusikan dalam dua CD, pastikan Anda mendapatkan atau men-dowload file image yang sesuai dengan keperluan. Versi install CD merupakan distro Ubuntu yang khusus untuk dipasang dalam harddisk. Sedangkan versi live CD merupakan distro Ubuntu yang khusus untuk dijalankan secara langsung via CD-Rom.

§ Knoppix 3.8

Knoppix bisa dipakai sebagai sistem siap pakai untuk keperluan sehari-hari untuk kepentingan edukasi dan demo produk di sekolah atau perguruan tinggi atau sebagai perkakas untuk perbaikan (recovery).

§ PC Linux OS

PC Linux OS adalah distro Linux yang lahir pada musim panas 2003 dan awalnya dikembangkan dari Mandrake (sekarang Mandriva)9.2.

PC Linux OS akan berjalan di memori dan memungkinkan Anda untuk mengakses seluruh computer, membakar CD, menyimpan ke harddisk, menikmati hiburan digital atau berselancar di web.

§ Linux Xnuxer

Xnuxer Linux dibangun di atas fondasi distro Debian Sarge 3.1 dan knoppix 3.9 “Konsep yang diaplikasikan di Xnuxer Linux adalah membuat Linux bisa digunakan dengan mudah oleh end-user dengan mempercantik tampilan KDE tanpa mengurangi kinerja”.

§ Mandrake 10.0

Mandrake merupakan salah satu distribusi Linux bahkan yang pertama menerapkan konsep sistem operasi dengan antarmuka grafis yang sangat “bersahabat”dengan penggunanya. Mandrake telah mengubah momok “menyeramkan” Linux yang awalnya penuh dengan konfigurasi rumit menggunakan perintah baris menjadi distribusi Linux yang menawarkan lebih banyak kemudahan.

D. Sejarah Linux

Sejarah sistem operasi Linux berkaitan erat dengan proyek GNU, proyek program bebas freeware terkenal diketuai oleh Richard Stallman. Pada tahun 1983 proyek GNU membuat sistem operasi seperti Unix lengkap kompiler, utiliti aplikasi, utiliti pembuatan dan seterusnya diciptakan sepenuhnya dengan perangkat lunak bebas. Tahun 1991, pada versi pertama kerangka Linux di tulis, Proyek GNU hampir semua menghasilkan komponen sistem kecuali kernel.

Linux melengkapi ruang terakhir dalam rancangan GNU. Linux (atau GNU/Linux) adalah operating system open source yang mulai dikembangkan oleh Linus Torvalds dan masih dikembangkan terus hingga sekarang oleh banyak sukarelawan dan developer di seluruh dunia.

Linux adalah sebuah sistem yang multiuser, multitasking dengan tools kompatibel UNIX yang lengkap. Sistem filenya mengikuti semantic UNIX tradisional dan mengimplementasikan secara penuh standar model network.

Tidak ada komentar: